Kisi-kisi penelitian kuantitatif

 Hallo gais, khususnya yang lagi kuliah nih, izinkan untuk membantu dalam mencari data penelitian kuantiatif. Berikut adalah contohnya.


"Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Aktualisasi Diri"

“Pengaruh pola asuh orang tua terhadap aktualisi diri kaum muda GPT Kristus Ajaib Bintuni”

 

Kisi-kisi Instrumen penelitian!

SS    : Sangat setuju

S        : Setuju

R        : Ragu-ragu

TS       : Tidak setuju

STS    : Sangat Tidak setuju

 

No

Pertanyaan

SS

S

R

TS

STS

Autokratis

Aturan

 

 

 

 

 

 

1.

Berbagai aturan orang tua dirumah harus dillakukan

 

 

 

 

 

2.

Orang tua banyak memberikan aturan dirumah

 

 

 

 

 

 

Tidak bebas

 

 

 

 

 

 

1.

Apabila teman-teman saya mengajak saya keluar rumah, orang tua tidak mengizinkan sama sekali

 

 

 

 

 

2

Banyak pembatasan yang diberikan oleh orang tua

 

 

 

 

 

 

Tidak dapat berbicara

 

 

 

 

 

 

1.

Saya tidak dapat mengeluarkan pendapat saya  kepada orang tua

 

 

 

 

 

2.

Orang tua berbicara banyak sedangkan anak tidak diberi kesempatan.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Demokratis

Orang tua mengakui potensi anak

 

 

 

 

 

 

1.

Semua keinginan yang baik dari diri saya diberikan semangat oleh orang tua dirumah

 

 

 

 

 

2.

Apabila orang tua melishat anaknya dapat bernyanyi didepan umum, orang tua langsung bertepuk tangan

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Anak memilih tujuan hidupnya

 

 

 

 

 

 

1.

Salah satu cita-cita saya ingin menjadi guru, orang tua saya setuju

 

 

 

 

 

2.

Apabila saya sudah dewasa nanti, orang tua saya menyetujui cita cita saya

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Sikap bertanggung jawab dan pekerjaan diberikan kepada anak

 

 

 

 

 

1.

Sejak 5 tahun yang lalu, saya diberikan kesempatan untuk beraktifitas dengan sungguh-sungguh di rumah

 

 

 

 

 

2.

Seluruh pekerjaan yang ada di rumah, akan saya laksanakan dengan sangat hati-hati

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Permisif

Anak bebas melakukan keinginannya

 

 

 

 

 

 

1.

Orang tua saya tidak memberikan aturan di dalam rumah

 

 

 

 

 

2.

Apabila pekerjaan saya tidak selesai maka saya tidak dimarahi sama sekali.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Seorang anak tidak melaksanakan norma sosial sehingga berdampak bagi orang sekitarnya

 

 

 

 

 

1.

Apabila saya mencuri barang orang lain, orang tua saya tidak memarahi saya

 

 

 

 

 

2.

Apabila saya merokok dihadapan guru disekolah, menurut orang tua saya tidak masalah

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Laissez Faire

Anak tidak dapat dikendalikan dengan baik

 

 

 

 

 

1.        

Apabila dirumah, saya berbicara kotor orang tua saya tidak menegur sama sekali

 

 

 

 

 

2.        

Apabila keinginan saya tidak dikabulkan maka saya akan memarahi orang tua saya didepan umum

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Seorang anak sudah terbiasa dengan keinginan yang timbul dengan sendirinya

 

 

 

 

 

1.

saya mempunyai kebiasaan main game di waktu istrahat, orang tua saya tidak pernah menegur saya

 

 

 

 

 

2.

Setiap orang tua saya menegur, saya tinggal melawan dan berbicara sendiri dikamar

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Seorang anak memutuskan keinginannya sendiri tanpa bimbingan orang tua

 

 

 

 

 

1.

Keputusan yang saya ambil adalah hak saya sebagai anak

 

 

 

 

 

2.

Saya tidak memerlukan bimbingan orang tua, saya dapat memutuskan sendiri

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

No

Pertanyaan

SS

S

R

STS

TS

Mampu melihat realitas secara tepat

 

Mengenali kebohongan

 

 

 

 

 

1.

Apabila seseorang melakukan sesuatu tidak sesuai dengan kenyataan terhadap saya, saya dapat mengetahui

 

 

 

 

 

2.

Satu orang menyampaikan sesuatu tetapi tidak fakta, saya dapat mengenali semua itu

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Mampu melihat kecurangan dari keadaan yang ada sekarang ini

 

 

 

 

 

 

1.

Apabila orang lain berkata benar dihadapan saya, dibelakang berbeda dengan apa yang disampaikan kepada saya, saya dapat mengetahui hal itu

 

 

 

 

 

2.

Jikalau orang lain melakukan tugas tetapi tidak tepat pada tempatnya, saya dapat mengetahui itu

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Melihat kehidupan apa adanya

 

 

 

 

 

 

1.

Seluruh kegiatan yang ada diluar rumah sangat baik untuk dilakukan dan saya berterima dengan situasi itu

 

 

 

 

 

2.

Saya senang menerima kekurangan dan kelemahan di sekitar rumah saya

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Menerima diri sendiri

Toleransi yang baik terhadap orang lain

 

 

 

 

 

1.

Saya senang memaafkan orang yang mengaku salah kepada saya

 

 

 

 

 

2.

Saya tidak perlu menaruh dendam kepada orang lain

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Menolong orang lain dengan melihat fakta yang terjadi dalam diri sendiri

 

 

 

 

 

1.

Bahu membahu adalah tugas saya secara pribadi

 

 

 

 

 

2.

Saya melihat orang lain kekurangan, yang dapat saya lakukan ialah menolong dengan senang hati

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Spotanitas

Gaya hidup seadanya

 

 

 

 

 

1.

Apabila orang lain membantu sesamanya, menurut saya itu hal yang wajar

 

 

 

 

 

2.

Semua yang saya miliki adalah alamiah dan saya tidak buat-buat

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Berpusat pada satu persoalan

Tidak egois pada diri sendiri

 

 

 

 

 

1.        

Apabila saya melihat ibu saya sedang memasak sendiri di rumah, saya sangat senang membantu ibu memasak

 

 

 

 

 

2

Saya dapat mengatur waktu tidur, waktu makan dan waktu bekerja dengan baik

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Memilah baik penting atau tidak penting

 

 

 

 

 

1.

Saya tidak menyukai film yang ada unsur sara karena itu tidak begitu bermanfaat bagi kerohanian saya

 

 

 

 

 

2.

Saya seorang yang disiplin karena menurut saya itu penting

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Otonom

Kepercayaan diri yang baik

 

 

 

 

 

1.

Saya tidak malu ketika berbicara berada didepan umum

 

 

 

 

 

2.        

Menyatakan sesuatu dengan ekpresi yang penuh semangat itulah saya

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Tidak membatasi diri

 

 

 

 

 

1.

Sekalipun saya gagal menghadapi masalah, saya akan sekali lagi mencoba untuk bisa memecahkannya

 

 

 

 

 

2.

Saya tidak akan berfokus kepada kekurangan saya tetapi fokus kepada tujuan saya

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Kerja sama tim yang baik

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

1.        

Saya tidak suka bekerjasama dalam satu kelompok apabila saya tidak dapat bekerja dengan baik

 

 

 

 

 

2.

Saya senang jikalau saya dapat memberikan hasil yang ekstra kepada tim saya.

 

 

 

 

 

 

 


Semoga bermanfaat untuk melakukan penelitian

Posting Komentar

0 Komentar