Hallo gais, khususnya yang lagi kuliah nih, izinkan untuk membantu dalam mencari data penelitian kuantiatif. Berikut adalah contohnya.
"Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Aktualisasi Diri"
“Pengaruh pola asuh orang tua
terhadap aktualisi diri kaum muda GPT Kristus Ajaib Bintuni”
Kisi-kisi Instrumen penelitian!
SS : Sangat setuju
S : Setuju
R : Ragu-ragu
TS : Tidak setuju
STS : Sangat Tidak setuju
No |
Pertanyaan |
SS |
S |
R |
TS |
STS |
Autokratis |
Aturan |
|
|
|
|
|
1. |
Berbagai
aturan orang tua dirumah harus dillakukan |
|
|
|
|
|
2. |
Orang
tua banyak memberikan aturan dirumah |
|
|
|
|
|
|
Tidak
bebas |
|
|
|
|
|
1. |
Apabila
teman-teman saya mengajak saya keluar rumah, orang tua tidak mengizinkan sama
sekali |
|
|
|
|
|
2 |
Banyak
pembatasan yang diberikan oleh orang tua |
|
|
|
|
|
|
Tidak dapat berbicara |
|
|
|
|
|
1. |
Saya
tidak dapat mengeluarkan pendapat saya
kepada orang tua |
|
|
|
|
|
2. |
Orang
tua berbicara banyak sedangkan anak tidak diberi kesempatan. |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Demokratis |
Orang
tua mengakui potensi anak |
|
|
|
|
|
1. |
Semua
keinginan yang baik dari diri saya diberikan semangat oleh orang tua dirumah |
|
|
|
|
|
2. |
Apabila
orang tua melishat anaknya dapat bernyanyi didepan umum, orang tua langsung
bertepuk tangan |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Anak
memilih tujuan hidupnya |
|
|
|
|
|
1. |
Salah
satu cita-cita saya ingin menjadi guru, orang tua saya setuju |
|
|
|
|
|
2. |
Apabila
saya sudah dewasa nanti, orang tua saya menyetujui cita cita saya |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Sikap
bertanggung jawab dan pekerjaan diberikan kepada anak |
|
|
|
|
|
1. |
Sejak
5 tahun yang lalu, saya diberikan kesempatan untuk beraktifitas dengan sungguh-sungguh
di rumah |
|
|
|
|
|
2. |
Seluruh
pekerjaan yang ada di rumah, akan saya laksanakan dengan sangat hati-hati |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Permisif |
Anak
bebas melakukan keinginannya |
|
|
|
|
|
1. |
Orang
tua saya tidak memberikan aturan di dalam rumah |
|
|
|
|
|
2. |
Apabila
pekerjaan saya tidak selesai maka saya tidak dimarahi sama sekali. |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Seorang
anak tidak melaksanakan norma sosial sehingga berdampak bagi orang sekitarnya |
|
|
|
|
|
1. |
Apabila
saya mencuri barang orang lain, orang tua saya tidak memarahi saya |
|
|
|
|
|
2. |
Apabila
saya merokok dihadapan guru disekolah, menurut orang tua saya tidak masalah |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Laissez
Faire |
Anak
tidak dapat dikendalikan dengan baik |
|
|
|
|
|
1.
|
Apabila
dirumah, saya berbicara kotor orang tua saya tidak menegur sama sekali |
|
|
|
|
|
2.
|
Apabila
keinginan saya tidak dikabulkan maka saya akan memarahi orang tua saya
didepan umum |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Seorang
anak sudah terbiasa dengan keinginan yang timbul dengan sendirinya |
|
|
|
|
|
1. |
saya
mempunyai kebiasaan main game di
waktu istrahat, orang tua saya tidak pernah menegur saya |
|
|
|
|
|
2. |
Setiap
orang tua saya menegur, saya tinggal melawan dan berbicara sendiri dikamar |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Seorang
anak memutuskan keinginannya sendiri tanpa bimbingan orang tua |
|
|
|
|
|
1. |
Keputusan
yang saya ambil adalah hak saya sebagai anak |
|
|
|
|
|
2. |
Saya
tidak memerlukan bimbingan orang tua, saya dapat memutuskan sendiri |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
No |
Pertanyaan |
SS |
S |
R |
STS |
TS |
Mampu
melihat realitas secara tepat |
Mengenali
kebohongan |
|
|
|
|
|
1. |
Apabila
seseorang melakukan sesuatu tidak sesuai dengan kenyataan terhadap saya, saya
dapat mengetahui |
|
|
|
|
|
2. |
Satu
orang menyampaikan sesuatu tetapi tidak fakta, saya dapat mengenali semua itu
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Mampu
melihat kecurangan dari keadaan yang ada sekarang ini |
|
|
|
|
|
1. |
Apabila
orang lain berkata benar dihadapan saya, dibelakang berbeda dengan apa yang
disampaikan kepada saya, saya dapat mengetahui hal itu |
|
|
|
|
|
2. |
Jikalau
orang lain melakukan tugas tetapi tidak tepat pada tempatnya, saya dapat
mengetahui itu |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Melihat
kehidupan apa adanya |
|
|
|
|
|
1. |
Seluruh
kegiatan yang ada diluar rumah sangat baik untuk dilakukan dan saya berterima
dengan situasi itu |
|
|
|
|
|
2. |
Saya
senang menerima kekurangan dan kelemahan di sekitar rumah saya |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Menerima
diri sendiri |
Toleransi
yang baik terhadap orang lain |
|
|
|
|
|
1. |
Saya
senang memaafkan orang yang mengaku salah kepada saya |
|
|
|
|
|
2. |
Saya
tidak perlu menaruh dendam kepada orang lain |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Menolong
orang lain dengan melihat fakta yang terjadi dalam diri sendiri |
|
|
|
|
|
1. |
Bahu
membahu adalah tugas saya secara pribadi |
|
|
|
|
|
2. |
Saya
melihat orang lain kekurangan, yang dapat saya lakukan ialah menolong dengan
senang hati |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Spotanitas |
Gaya
hidup seadanya |
|
|
|
|
|
1. |
Apabila
orang lain membantu sesamanya, menurut saya itu hal yang wajar |
|
|
|
|
|
2. |
Semua
yang saya miliki adalah alamiah dan saya tidak buat-buat |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Berpusat
pada satu persoalan |
Tidak
egois pada diri sendiri |
|
|
|
|
|
1.
|
Apabila
saya melihat ibu saya sedang memasak sendiri di rumah, saya sangat senang
membantu ibu memasak |
|
|
|
|
|
2 |
Saya
dapat mengatur waktu tidur, waktu makan dan waktu bekerja dengan baik |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Memilah
baik penting atau tidak penting |
|
|
|
|
|
1. |
Saya
tidak menyukai film yang ada unsur sara karena itu tidak begitu bermanfaat
bagi kerohanian saya |
|
|
|
|
|
2. |
Saya
seorang yang disiplin karena menurut saya itu penting |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Otonom
|
Kepercayaan
diri yang baik |
|
|
|
|
|
1. |
Saya
tidak malu ketika berbicara berada didepan umum |
|
|
|
|
|
2.
|
Menyatakan
sesuatu dengan ekpresi yang penuh semangat itulah saya |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Tidak
membatasi diri |
|
|
|
|
|
1. |
Sekalipun
saya gagal menghadapi masalah, saya akan sekali lagi mencoba untuk bisa
memecahkannya |
|
|
|
|
|
2. |
Saya
tidak akan berfokus kepada kekurangan saya tetapi fokus kepada tujuan saya |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Kerja
sama tim yang baik |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
1.
|
Saya
tidak suka bekerjasama dalam satu kelompok apabila saya tidak dapat bekerja
dengan baik |
|
|
|
|
|
2. |
Saya
senang jikalau saya dapat memberikan hasil yang ekstra kepada tim saya. |
|
|
|
|
|
Semoga bermanfaat untuk melakukan penelitian
0 Komentar